Rabu, 15 Februari 2017

Mengapa Konsep Diri Penting Bagi Anda Jika Ingin Sukses Dalam Hidup

Pengertian Konsep Diri

Konsep diri adalah gambaran yang Anda miliki tentang diri Anda sendiri. Atau seringkali kita kenal dengan ungkapan citra diri. 

Lalu apakah konsep diri bisa berubah seiring waktu? Gambaran diri Anda berkembang dalam beberapa cara, tetapi sangat dipengaruhi oleh interaksi Anda dengan orang-orang penting dalam hidup Anda.



Bagaimana konsep diri terbentuk?

Konsep diri cenderung lebih lunak atau lebih mudah berubah ketika Anda masih berusia muda dan masih akan melalui proses penemuan jati diri dan pembentukan identitas Anda. 

Seiring bertambahnya usia Anda, persepsi/pandangan diri Anda terhadap diri sendiri menjadi lebih rinci dan terorganisir.

Begitu pula dengan bagaimana Anda memperbaharui, membentuk dan memiliki pemahaman siapa Anda sebenarnya dan apa yang penting bagi Anda.


Apa Konsep Diri Yang Kita Miliki? Apakah Cenderung Positif atau Negatif?

Menurut seorang psikolog ternama Carl Rogers ada tiga bagian yang berbeda dari konsep diri:

1-CITRA DIRI, adalah bagaimana Anda melihat diri Anda. Penting untuk menyadari bahwa citra diri kadangkala tidak selalu sama dengan kenyataan. 

Anda mungkin meningkatkan citra diri sendiri dan percaya dalam beberapa hal bahwa Anda lebih baik daripada kenyataan yang sebenarnya. 

Berlaku sebaliknya juga, Anda cenderung memiliki citra diri negatif dan membesar-besarkan kekurangan atau kelemahan Anda.


Misalnya, Anda mungkin percaya bahwa Anda seorang yang canggung secara sosial (tidak mudah bersosialisasi) ketika orang lain melihat Anda sebenarnya sangat menarik dan menyenangkan. 

Atau Anda mungkin percaya bahwa Anda kelebihan berat badan ketika sebenarnya tubuh Anda sudah terlalu kurus. Ini umumnya terjadi pada wanita.

Citra diri masing-masing individu mungkin campuran berbagai aspek termasuk karakteristik fisik, ciri-ciri kepribadian, dan peran sosial Anda.


2-HARGA DIRI, atau seberapa banyak Anda menghargai diri Anda sendiri. 

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi harga diri, termasuk bagaimana Anda membandingkan diri dengan orang lain dan bagaimana orang lain meresponnya. 

Ketika orang-orang merespon positif terhadap perilaku Anda, Anda lebih cenderung mengembangkan diri secara positif. 

Namun ketika membandingkan diri Anda dengan orang lain dan mengetahui bahwa diri Anda kurang, dapat berdampak negatif terhadap diri Anda.


3-DIRI IDEAL, atau bagaimana Anda ingin menjadi. 

Dalam banyak kasus, cara Anda melihat diri Anda dan bagaimana diri Anda ingin menjadi sosok seseorang yang Anda idamkan tidak selalu cocok/selaras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar