Rabu, 15 Februari 2017

Disiplin Bisa Fleksibel dan Tidak Harus Selalu Kaku Dari Segi Waktu

Membuka artikel ini, saya ingin menanyakan, Anda pernah mengalami ketidakdisiplinan diri?

Ketidakdisiplinan menurut saya bisa berbuah panjang, biasanya cenderung negatif. 


Saya pernah terburu-buru dalam mengejar tugas Lektor (membaca Kitab Suci) di Gereja karena tidak disiplin dalam waktu tidur. 

Akibatnya saya bangun kesiangan dan hampir saja telat. Rekor bangun pagi saya terpecahkan dalam 1 malam, cukup bodoh..



Sebenarnya apa pengaruh ketidakdisplinan terhadap diri kita dalam jangka waktu yang panjang?

Buat saya ketidakdisiplinan membuat saya akan terlalu toleran terhadap sikap negatif diri saya, 

terhadap semua hal saya selalu bilang "aahh ngga apa-apa, kan masih ada besok.." berulangkali dan seterusnya.. 


Padahal disiplin sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Disiplin akan mengubah Anda yang biasa-biasa saja menjadi seorang yang hebat. 

Misalnya jika Anda melatih diri memainkan alat musik tertentu, atau mungkin Anda ingin melatih suara Anda dalam bernyanyi.


Bagaimana cara mengatasi ketidakdisiplinan diri?

Sekali lagi, dalam studi kasus diri saya sendiri. 

Untuk mengatasi ketidakdisplinan diri, saya "memaksa" diri menjadi lebih baik dengan memaksakan disiplin itu sendiri. 

Satu hal yang perlu diingat, saya berusaha melakukannya setiap hari. 


Contohnya seperti menulis artikel-artikel di blog ini. 

Walaupun belum tercapai, saya berusaha menulis setidaknya 1 artikel setiap hari untuk melatih kedisiplinan saya. 


Selain itu saya juga berusaha bangun jam 4 pagi dan merasa antusias setiap hari, tanpa terkecuali hari Sabtu & Minggu. 

This 2017 is gonna be awesome for me, that's all i know, i'm gonna be awesome because i'm discipline. - Ini yang ada di pikiran saya setiap saat.


Setelah bisa dan biasa mendisiplinkan diri saya, saya tetap mengevaluasi terus menerus terhadap apa yang sudah baik dilakukan dan apa yang perlu diperbaiki. 

Berusaha menjadi lebih efisien, mengelola pikiran supaya lebih produktif lagi. 

Saya percaya, ketika produktifitas meningkat, saya akan menjadi lebih hebat dari diri saya sebelumnya. 

Saya berhasil mengalahkan si pemalas, si bangun siang, si tidak produktif, si tidak efisien, dan si.. si.. lainnya.


Menjadi disiplin tidak harus serba kaku, baik dari sisi waktu maupun dari sisi lain, disiplin bisa fleksibel dalam kerangka tertentu. 

Kuncinya Anda perlu menyusun jadwal untuk menjadi hebat dalam mendisiplinkan diri Anda, 

agar ketika menggeser (menjadi fleksibel dengan) waktu Anda, 

Anda bisa melakukannya dengan ganteng (kalau wanita cantik yah..) dan tetap memenuhi jadwal yang Anda susun. 

Karena semua tertera disana. 

Mission still can be accomplished.


Good is an enemy of great, in order to be great you need to be discipline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar