Minggu, 24 April 2016

Sesi 1 - Pelatihan Kewirausahaan Universitas Sanata Darma - CLC Jogja - AYUB Jogja

- Jumat 22 April 2015 -


Minggu lalu saya diberitahu oleh seorang kawan, mengenai sebuah pelatihan kewirausahaan yang akan diadakan oleh gabungan Universitas Sanata Dharma dan komunitas CLC, serta AYUB pada tanggal 24 April 2016. Ibu Lien namanya. Namun karena saya seorang dengan kepribadian plegmatis-melankolis dengan sifat alami indahnya yang "senang menunda", jadilah saya baru mendaftar 2 hari sebelumnya. Itu pun sepertinya kuota pendaftaran sudah penuh. Namun saya sedikit "memaksa" Ibu Santi agar tetap menerima pendaftaran untuk mendaftarkan saya dengan cara langsung mengirim formulir via email dan mengirimkan bukti transfer (maafkan saya bu Santi ;)) 

Pukul 16.15 WIB lewat beberapa detik saya meluncur bersama Smash biru saya dari Jatimulyo menuju Mrican - Gejayan. Sesampai di lokasi disambut ramah dengan senyuman banyak orang yang juga akan mengikuti pelatihan tersebut. Setelah melakukan pendaftaran ulang saya masuk ke ruangan dan duduk di pojok kanan belakang, namun saya belum berkenalan dengan siapa-siapa (dasar plegmatis!). Beberapa menit kemudian seorang ibu cantik bernama Ibu Eny duduk di sebelah saya dan menjadi teman baru saya di sore hari ini. Shalom Bu Eny.. Bagi yang belum kenal, ibu Eny ini adalah pasangan dari Pak Greg. 

Pelatihan sore hari ini dibuka oleh sambutan dari Bapak Johanes Eka Priyatma (Rektor Universitas Sanata Dharma) & Pak Andreas (Ketua CLC Jogja) serta dilanjutkan oleh Pak Greg (Ketua AYUB Jogja) yang memberi tahu bahwa 9 dari 10 penghuni surga adalah entrepreneur (mari berlomba menuju surga rekan-rekan!).

Sambutan berikutnya berasal dari Bapak Rob Sugiyanto (praktisi bisnis), Bapak Ir. Pollin (praktisi bisnis), dan Bapak Willy Sudjono (praktisi bisnis, Apkomindo, Grahakom) yang juga menjadi pemateri Sesi 1 hari ini. 

Setelah sambutan, materi pendahuluan yang dibawakan oleh Pak Willy sebagai berikut :


  1. Timeline Workshop selama 12 sesi (April - Agustus 2016) dengan waktu pertemuan setiap sesi selama 2 jam. Workshop yang diadakan ini terdiri dari 10 pertemuan kecil dan 2 seminar besar (Pagi - siang hari).

  2. Menurut anda mana yang paling berbahaya? 

  3. Apa itu kewirausahaan?

  4.  Beberapa petuah dan fakta bisnis

  5. Bisnis adalah "berjudi yang terukur," studi kasus mengenai maraknya pembangunan HOTEL di Jogja. Saat ini menurut Pak Willy angka okupansi (tingkat hunian hotel) hanya berkisar sekitar 40% di luar "peak season" musim liburan. Artinya pebisnis yang akan atau sedang membangun hotel di Jogja saat ini tidak memperhitungkan resikonya dengan cermat. Saya jadi teringat, persis di sebelah Hotel Amaris - Jl.Diponegoro sedang dibangun Hotel baru milik Pegadaian pak.. :)


  6. Ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan kebijakan pengambilan keputusan dalam berbisnis. 
    • Bisnis perlu SAVING, bisnis tidak selalu berada di atas dan selalu manis. Bersiaplah untuk masa berada di bawah atau momentum pahit anda. 
    • Katakan "BELUM BISA" daripada "TIDAK BISA" dalam segala hal. Amati kata-kata dan mental serta sikap anda ketika anda ragu-ragu, setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Kunci solusi dari setiap permasalahan berasal dari DIRI ANDA sendiri.

  7. Mulai bisnis dengan apa yang anda kenali, anda tahu atau anda senangi (passion). Walaupun menemukan passion itu sendiri tidak semudah makna yang dikandungnya :) (menurut saya sebagai penulis). Mulai juga dengan kemampuan anda masing-masing, terutama berkaitan dengan keuangan anda. Pengalaman Pak Willy yang membangun pertama-tama di awal toko buku sebelum membangun toko komputer, karena modal awal untuk membangun toko komputer tentu lebih besar daripada membangun toko buku.

  8. Bicara tentang Startup.. Apa itu startup? Secara sederhana startup berarti perusahaan yang baru dimulai, masih dalam rintisan. Dahulu sering disebut bisnis/usaha kecil.
    • Hindari menjadi penipu, bahkan dengan menjual barang berkualitas rendah dan mengakuinya sebagai barang berkualitas tinggi. Sekali anda menipu, SELESAI !
    • Startup seringkali tidak dilanjutkan karena naluri bisnis yang ingin cepat kaya, umumnya startup tutup pada 2-3 tahun dihitung dari pertama kali dibuka.
    • Startup biasanya berpikir tentang untung-untung-dan untung, padahal bisnis tidak seperti itu. Selalu ada naik dan turun.
    • Bisnis adalah sebuah siklus yang diibaratkan seperti jam dinding, anda memulai bisnis dari pukul 6 beranjak ke pukul 7, 8, 9 dan seterusnya sampai puncaknya pada pukul 12. Setelah itu bisnis akan ada fase penurunan menuju ke pukul 6 kembali. Hati-hati over PD pada saat di puncak, anda butuh SAVING.
    • Bangun jatuh, ramai sepi, untung rugi dalam bisnis itu biasa. Bagi yang tidak siap jatuh, jangan coba-coba berbisnis. Ketika jatuh anda harus BANGUN ! Jatuh 10x, bangun 11x. Jadi kondisi anda adalah bangun, bukan jatuh. Waspadalah terhadap jebakan kenyamanan. Selalu incar growth/pertumbuhan bisnis.



  9. Apa & bagaimana kewirausahaan itu?
    1. Mulailah bisnis dari mimpi dan hal-hal yang anda sukai.
    2. The Power of Kepepet bisa membuat orang selalu menemukan jalan dalam keadaan paling genting sekalipun. Jika anda jatuh dalam bisnis, jangan pernah berpikir negatif, jadikan itu sebagai pengalaman berharga dan bahan bakar dalam proses selanjutnya.
    3. 3N : Niteni-Niru-Nambahi _ Studi kasus GO-JEK. Ada yang menyebut go-jek merupakan monopoli maupun duopoli market/pasar. Perhatikan esensinya, STOP dan perbaiki persepsi yang salah. Jangan menjadi katak dalam tempurung yang tidak mau berubah dan belajar.
    4. Discretio - St. Ignatius Loyola _ cara memilah beberapa ide berdasarkan perbandingan antara positif dan negatifnya. Contoh, minat anda terhadap suatu bidang usaha. Apakah lebih banyak minatnya, atau sebaliknya? Jika lebih banyak tidak minatnya, apakah anda yakin akan memilih ide bisnis tersebut atau memilih yang lainnya?
    5. Mengubah biaya menjadi pendapatan _ ada seorang gamer yang senang main game online akibatnya biaya yang ia keluarkan besar, pada akhirnya ia membuka bisnis game online dan menghasilkan pendapatan.

  10. Merawat lebih sulit daripada mendirikan - Perhitungkan masa merawat bisnis _ Studi kasus salah satu unit bisnis Pak Willy, yang sudah berjalan selama 5 tahun. Merugi pada tahun ketiga sampai kelima dan siap untuk ditutup. Namun setelah disepakati bersama dengan team akhirnya bisnis dilanjutkan dengan komitmen mengubah cara berbisnis. Hasilnya 3 bulan kemudian sudah tidak merugi, 6 bulan profit, 18 bulan setelahnya bisa menutup kerugian yang terjadi.

  11. Temukan "SWEET SPOT" anda masing-masing agar bisa menjalankan sebuah bisnis yang profitable, sesuai dengan skill/bakat anda (baik sudah ada maupun akan dipelajari) dan pastikan anda menjalani sesuatu yang sangat anda cintai. Karena tidaklah mudah untuk bertahan 5 tahun dalam bisnis yang merugi seperti yang Pak Willy telah alami.

TUGAS untuk dikumpulkan tanggal 29 April 2016 :



Sesi 1 ditutup sekitar pukul 19.30 malam, setelahnya kami berbincang sebentar dan melihat hasil-hasil karya rekan kita Ibu Lien yang pandai berkreasi dengan dunia jahit-menjahit dan membatik. Serta ada produk kaldu alami tanpa MSG dari mbak siapa ya kemarin? (Maaf saya lupa :p) yang mungkin membuat anda tertarik menjajakannya.



Sekian dari saya untuk laporan sesi 1 Pelatihan Kewirausahaan oleh Univ. Sanata Darma bekerjasama dengan komunitas CLC Jogja & AYUB Jogja.



Salam wirausaha ! 

Rekaman Audio Sesi 1 KLIK :
http://bit.ly/AudioFileKewirausahaanSD



Tidak ada komentar:

Posting Komentar